Image and video hosting by TinyPic

Analisis Website Kompas


Mata Kuliah : Interaksi Manusia dan Komputer (IMK)

Nama Kelompok :
Riky (15110961)
Gilang Bangun Perdana (13110000)
Bagus Yonandi (11110309)
Budi Rakiso (11110472)

Kelas : 3KA04

Website kompas (http://www.kompas.com/) adalah situs berita terpercaya di Indonesia yang selalu diupdate secara terus menerus selama 24 jam sehari, dengan total readership lebih dari 10 juta orang. Sedangkan tingkat kunjungan atau lebih dikenal dengan sebutan page view, mencapai 40 juta setiap bulan.

Sebagai situs berita paling lengkap dan paling banyak dikunjungi di seluruh indonesia, Kompas.com menyediakan jasa pemuatan iklan melalui Internet (online advertising) yang menawarkan kreasi komunikasi interaksi, yang sangat atraktif dan efektif bagi pencinta dunia maya.

Kompas.com memiliki berbagai jenis iklan lain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemasang iklan, seperti iklan banner kreatif, email blast, mini website, dan lain-lain.

Kompas.com juga memberikan layanan lain yang berhubungan dengan Internet dan multimedia, seperti pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan website serta berbagai aplikasi pemrograman, baik yang digunakan dalam website maupun untuk berbagai kebutuhan lainnya. Selama tujuh tahun, ratusan perusahaan dalam dan luar negeri telah menggunakan jasa Kompas.com.

Kompas.com juga melayani Mobile News. Para pengiklan yang ingin memasang iklan bisa langsung berinteraksi dalam Online Advertising pada situs www.kompas.com. Layanan tanpa batas Kompas.com juga dilengkapi dengan layanan pembuatan materi presentasi dalam bentuk CD ROM interaktif dan multimedia.

Format : Web media
Situs : www.kompas.com
E-mail redaksi : redaksikcm@kompas.com
E-mail iklan : iklankcm@kompas.com
Telepon : 62-21 5350377 / 5350388
Fax : (6221) 536 0678

Prinsip Desain Grafis

Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih,menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan dan garis diatas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan.

Desain Grafis mempunyai 6 prinsip yaitu :

1 . Metaphor (Metafora)

Adalah deskripsi yang mempunyai istilah objek lain yang tidak dapat diartikan secara harafiah. Menghubungkan presentasi dan elemen-elemen visual dengan item-item yang berkaitan. Metafora akan membuat para pengunjung seolah-olah berada di tempat yang sebenarnya, atau bisa dikatakan juga bahwa metafora dibuat mirip seperti tempat yang dikunjungi.

Hasil Analisa :

Pada web Kompas terdapat unsur metafora yaitu pada iklan banner kreatif berupa flash objek yang menggunakan media flash dan teks. Ada juga yang berbentuk slide gambar tentang kejadian berupa topik berita yang masih hangat diperbincangkan oleh masyarakat. Objek berita tersebut membuat kita seakan-akan kita berada dalam tempat kejadian tersebut.

2. Clarity (Kejelasan)

Harus memiliki alasan yang kuat/masuk akal dan jelas mengapa menggunakan setiap elemen yang berada dalam suatu interface yang kita buat.

Hasil Analisa :

Pada web Kompas mempunyai Clarity (Kejelasan) yang sangat baik. Setiap elemen masing-masing di dalam web kompas baik berupa slide gambar atau teks yang diberikan supaya para pembaca yang melihat mendapatkan informasi yang bagus dan bermanfaat. Biasanya berita-berita yang baru dimuat di bagian depan sebagai headlines.

3. Consistency (Ketetapan)

Konsistensi dalam tampilan, pewarnaan, gambar, ikon, typography (model form yang digunakan pada suatu website) dan teks harus ada konsistensi baik dalam layar maupun antar layar. Dan harus selalu ada metafora dimanapun juga. Setiap platform mungkin memiliki panduannya.

Hasil Analisa :

Pada web Kompas mempunyai konsistensi yang baik dalam tampilan, pewarnaan maupun gambar yang berkualitas. Salah satunya terdapat konsistensi pada frame yaitu setiap halamannya mempunyai jumlah dan bentuk frame yang baik.

4. Alignment (Perataan)

Untuk perataan dapat digunakan rata kiri, kanan atau tengah. Pada umumnya suatu teks pada website dimulai dari kiri atas (left alignment), dimana left alignment akan mengijinkan mata untuk menguraikan tampilan dengan lebih mudah. Selain itu dengan menggunakan bantuan garis akan membantu dalam hal perataan.

Hasil Analisa :

Pada web Kompas diteliti dengan dengan baik, sebagian besar menggunakan perataan kiri dalam hal teks, iklan dan slide gambar. Dalam hal teks tersebut memiliki topik yang sangat penting dan sangat bermanfaat.

5. Proximity

Adalah Item-item yang berkaitan ditampilkan bersama pasti memiliki hubungan karena jarak yang jauh mengimplikasikan bahwa tidak ada hubungan antara item-item tersebut.

Hasil Analisa :

Pada web Kompas unsur Proximitynya sangat diperhatikan baik-baik oleh pembuat web karena item-item yang di tampilkan saling berhubungan diletakan saling berdekatan. Bahkan pembuat web sudah mengkategorikan topik berita atau informasi kedalam lingkup pembahasan tertentu. Item-item yang tidak berhubungan di letakan jauh dari pembahasan tersebut. Contohnya kita ingin membaca topik berita tentang korupsi maka didalamnya sudah terdapat topik-topik yang membahas tentang korupsi itu sendiri. Jadi pembaca tidak perlu bingung jika mencari berita yang lain.

6. Contrast (Keserasian Tampilan)

Adalah sebuah keserasian tampilan akan membuat pengunjung web tertarik pada web tersebut. Kontras juga dapat memandu mata pengunjung untuk melihat keseluruhan interface. Keuntungan dari keserasian adalah untuk memperkuat fokus atau untuk memperkuat suatu interface. Kontras digunakan untuk membedakan aktifitas kendali. Juga dapat digunakan untuk men-set item yang paling utama. Item yang paling utama diberi highlight. Dengan mempergunakan geometri dapat membantu pengurutan. Kontras juga mendukung skimming secara cepat.

Hasil Analisa :

Pada tampilan contrast web Kompas kurang menarik karena hampir semua tidak ada unsur contrast yang di gunakan. Contrast pada web Kompas yang digunakan berwarna putih pada latar belakangnya. Web Kompas.com ini hanya memfokuskan pada topik beritanya sedangkan masalah contrast tidak terlalu diperhatikan.

Referensi :

http://www.kompasgramedia.com/business/multimedia/kompascom
http://bbogel.blogspot.com/2010/07/desain-grafis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar