Image and video hosting by TinyPic

Sampai Kapan Android Mendominasi Pasar Dunia?


Perkembangan smartphone di tahun 2012 memang mencapai puncaknya. Menurut perhitungan lembaga survey Gartner, pada kuartal 4 tahun 2012 lalu, jumlah smartphone yang terjual mencapai 207 juta unit lebih, naik dari kuartal 4 tahun 2011 yang mencapai 150 juta unit.

Sebagian besar penjualan dinikmati oleh platform Google Android, yang memiliki pangsa pasar 69,7 persen dengan unit terjual mencapai 144,72 juta unit. Ini merupakan kenaikan pesat dibanding Q4 tahun 2011 dimana pangsa pasar Android masih 51,3 persen dengan unit terjual sebanyak 77 juta buah.

Mengikuti di urutan kedua adalah iOS dengan pangsa pasar 20,9 persen. Meski masih memiliki kenaikan jumlah unit terjual (naik tipis dari 35 juta ke 43 juta), namun pangsa pasar Apple justru berkurang, dimana pada kuartal 4 tahun 2011 pangsa pasar mereka mencapai 23,6 persen.

Yang bersaing ketat untuk peringkat ketiga di kuartal 4 tahun 2012 adalah Research in Motion (sekarang BlackBerry) dengan Microsoft Windows Phone. Yang menang memang BlackBerry dengan pangsa pasar 3,5 persen, namun jumlah unit terjual mereka turun hampir separuhnya. Pangsa pasar platform asal Kanada ini juga menurun jauh, mengingat di kuartal yang sama tahun sebelumnya mencapai 8,8 persen.

Kebalikannya, pangsa pasar Microsoft naik hampir dua kali lipat menjadi 3 persen, dimana tahun sebelumnya mereka hanya memiliki pangsa pasar 1,8 persen. Unit terjual pun berlipat ganda, dari 2,7 juta unit menjadi 6 juta unit lebih.

Bagaimana dengan tahun ini? Apakah Android masih demikian kuat? Apakah pangsa pasar iOS akan terus menurun? Namun pertarungan paling seru tetap pada perebutan podium ketiga antara BB dengan WP, apalagi BlackBerry baru saja meluncurkan platform baru BlackBerry 10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar