Image and video hosting by TinyPic

Manusia

MANUSIA

Manusia merupakan mahluk social yang tidak dapat berdiri sendiri (sosiologi), mahluk yang selalu ingin mencari keuntungan , mahluk yang mempunyai kekuasasan, kebudayaan , dll. Manusia juga merupakan mahluk yang mencari kehidupan dengan sendiri, dan mahluk yang mempunyai akal dan pikiran dalam mengambil suatu keputusan. Mereka juga dapat bekerja sendiri untuk memenuhi kehidupannya. Penggolongan manusia yang paling utama adalah berdasarkan jenis kelaminnya. Secara alamiah, jenis kelamin seorang anak yang baru lahir entah laki-laki atau perempuan. Anak muda laki-laki dikenal sebagai putra dan laki-laki dewasa sebagai pria. Anak muda perempuan dikenal sebagai putri dan perempuan dewasa sebagai wanita.

Manusia terdiri dari empat unsure, yaitu:
1. Jasad , yaitu badan kasar manusia yang nampat, dapat di raba dan di foto, menempati ruang dan waktu.
2. Hayat, mengandung unsure hidup yang ditandai dengan gerak.
3. Roh, bimbingan dan pimpinan Tuhan, suatu kemampuan mencipta yang menjadi pusat lahirnya kebudayaan.
4. Nafs, kesadaran dengan diri sendiri.
Manusia mempunyai tiga unsure sebagai satu kepribadian:
a. Id, merupakan unsure kepribadian yang paling tidak nampak. Proses pemenuhan kepuasan yang disebutkan terakhir yang dilakukan secara tidak langsung disebut sebagai proses primer.
b. Ego, merupakan bagian kepribadian yang pertama kali dibedakan dari Id, karena peranannya menghubungkan energi Id ke dalam saluran social dapat dimengerti oleh orang lain.
c. Superego, merupakan struktur kepribadian yang paling akhir, muncul kira-kira pada usia lima tahun. Dan superego dimana perkembangan secara eksternal.

Hakekat Manusia
a. Manusia merupakan ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa
Tubuh merupakan sesuatu yang dapat diraba, dirasakan tetapi sifatnya tidak kekal abadi. Sedangkan roh adalah yang tinggal di dalam tubuh sebagai penggerak dan sumber kehidupan, roh juga bersifat kekal abadi. Jika manusia itu meninggal, mungkin tubuh kita akan hancur dan lenyap tetapi jiwa kita akan selalu ada dan kekal abadi selamanya dan jiwa itu akan kembali kepada Tuhan.
b. Manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna jika di bandingkan dengan ciptaan Tuhan yang lain
Kesempurnaan manusia terletak pada akal dan pikiran, karena manusia mempunyai hal tersebut, mereka dapat bekerja dan mengembangkan teknologi yang ada sehingga mereka tidak ketinggalan jaman.
Mereka juga mempunyai perasaan terhadap berbagai hal. Baik itu perasaan social,iba atau kasih sayang terhadap mahluk hidup lainnya.
c. Mahluk hayati yang budayawi
Sebagai mahluk hayati, manusia dipelajari dari segi anatomi,genetika,patologi,biokimia dll. Sedangkan sebagai budayawi, manusia mempelajari dari segi ekonomi,social,budaya,bahasa dll.
d. Mahluk ciptaan Tuhan yang mempunyai martabat
Dimana manusia dapat saling bersosialisai dengan lingkungan luarnya. Sehingga ia bisa dapat mengetahui bagaimana karakter orang masing-masing. Mereka juga dapat bertanggung jawab atas tugasnya tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar